Kenali Gejala Penyebab Timbulnya Kencing Batu

Batu ginjal atau yang lebih sering disebut dnegan kencing batu adalah penyakit dimana terdapat batu-batu kecil di saluran kandung kemih. Penyakit ini menimbulkan rasa nyeri pada saat buang air kecil. Bahkan terkadang orang yang menderita kencing batu ini bisa mengeluarkan darah saat kencing dan jika batu tersebut sudah sangat membesar, maka penderita tidak dapat mengeluarkan urine melalui saluran kencing.

kenali-gejala-penyebab-timbulnya-kencing-batuBeberapa gejala yang timbul diantaranya:

  • Anyang-anyangan atau munculnya rasa ingin buang air kecil namun ketika sudah melakukannya hanya sedikit air kencing yang keluar dan terjadi terus-menerus.
  • Air seni berwarna kemerahan
  • Rasa nyeri diarea kandung kemih
  • Nyeri ketika buang air kecil
  • Mual dan demam
  • Nyeri dibagian pinggang. Didalam pinggang terdapat dua ginjal yang juga berhubungan erat dalam proses pembentukan batu dalam kandung kemih maupun pada ginjal

Penyebab munculnya batu pada kandung kemih diantaranya adalah kurangnya konsumsi air putih, terlalu banyak makan makanan yang mengandung kalsium oksalat yang tinggi, terlalu sering mengkonsumsi junkfood dan fastfood sehingga tubuh kekurangan gizi, mengkonsumsi garam yang berlebihan, sering mengkonsumsi kopi yang kental dan terlalu manis, dan sering mengkonsumsi minuman bersoda.

Untuk mencegah munculnya kencing batu yaitu harus mengkonsumsi air putih sebanyak 1,5-2 liter/hari, menambah makan sayur dan buah, hindari mengkonsumsi alkohol, menghindari teh, kopi yang kental.

Jika sudah ketahap kondisi yang lebih parah, maka konsumsi obat perlu dilakukan. Bahkan jika sudah parah sekali penderita harus melakukan operasi. Namun sebenarnya ada banyak ramuan alami yang dapat digunakan dengan memanfaatkan tumbuhan seperti dengan ramuan alami daun tempuyung dan daun keji beling (strobilanthes crispus) segar masing-masing 5 lembar, jagung muda 6 buah, serta 3 jari gula enau dicuci bersih dan dipotong-potong, lalu rebus dengan 3 gelas air bersih hingga tersisa 3/4-nya, dinginkan. Setelah dingin lalu disaring, lalu minum 3 kali sehari. Dengan menggunakan ramuan ini anda telah mendapatkan obat alami batu ginjal. Semoga bermanfaat.

This entry was posted in Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *