Tips Sebelum Memberikan Makanan Pendamping ASI

curhatbidan | Kini usia bayi anda telah memasuki 6 bulan, pada usia 6 bulan bayi anda tidak hanya mendapatkan nutirisi dari ASI melainkan dari makanan pendamping yang dikenalkan pada bayi anda. Makanan pendamping ASI yang pertama kali dikenalkan pada bayi seringkali membuat bayi anda membutuhkan waktu untuk beradaptasi.

Tips Sebelum Memberikan Makanan Pendamping ASI

Menurut beberapa bidan , pemberian makanan pendamping ASI memang sangat menentukan kebutuhan nutrisi sesuai dengan usia bayi anda. Meskipun demikian tidak smeua bayi dapat menerima pemberian makanan pendamping ASI pertama kali, mungkin beberapa reaksi bayi bisa terjadi. Pada permulaan mengenalkan makanan pendamping ASI seringkali bayi bereaksi seakan penolakan. Reaksi yang mungkin ditimbulkan bayi adalah dengan menjulurkan lidah, menahannya dimulutnya, bahkan hingga memuntahkan. Pada dasarnya ini bukan sebuah penolakan akan tetapi proses adaptasi yang diberikan bayi terhadap makanan yang baru dikenalnya.

Pada kesempatan kali ini kami akan membantu anda dalam mempersiapkan diri dalam pemberian makanan pendamping ASI bagi bayi. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa anda lakukan:

1. Perkenalkan Sayuran Terlebih Dahulu Sebelum Buah-buahan
Dalam memperkenalkan makanan pendamping ASI sebaiknya anda mengenalkan terlebih dahulu sayuran dibandingkan buah-buahan. Sayuran memiliki rasa yang tawar sehingga bayi anda dapat mengenali rasa tawar dari sayuran sedangkan buah-buahan memiliki rasa manis yang mudah untuk adaptasi pada bayi anda.

2. Menjaga Kandungan Vitamin
Dalam proses memasak makanan pendamping ASI seringkali anda mengabaikan dalam menjaga kandungan vitamin didalam bahan makanan. Pada buah-buahan yang mengandung vitamin B dan vitamin C bisa anda berikan langsung dalam bentuk bubur susu tanpa proses memasaknya. Hal ini untuk menjaga dua jenis vitamin tersebut yang terkadang hilang pada saat proses memasaknya.

3. Kenali Porsi Makanan untuk Bayi Anda
Dalam memberikan makanan pendamping ASI seringkali anda membuatnya dalam jumlah yang melebihi porsi anak anda. Dalam memberikan makanan pendamping ASI cukup anda kenalkan 2-3 sendok makan. Anda tidak perlu memaksakan bayi anda untuk menghabiskannya melainkan anda dapat mengaturnya dengan jadwal pemberian makanan pendamping ASI.

4. Pilih Bahan Makanan yang Mudah Dicerna
Ketika anda pertama kali memberikan makanan pendamping ASI pada bayi anda, hal yang pertama kali yang harus anda lakukan adalah mengenali tekstur bahan makanan pola sarapan pada bayi anda, berikan jenis buah yang dilumatkan atau dihaluskan menjelang siang atau jenis snack bayi, kemudian makan siang dengan makanan padat yang kaya nutrisi dan terakhir anda dapat mengenalkan makan pada sore hari menjelang bayi anda beristirahat.

Itulah cara yang dapat anda lakukan dalam mempersiapkan pemberian makanan pendamping ASI pada bayi anda. Setiap bayi memiliki reaksi yang berbeda pada saat pemberian makanan pendamping ASI, hal yang baru anda jaga adalah kandungan nutrisi dan gizi sehingga membuat makanan pendamping ASI berkualitas. Apabila bunda ingin tanya-tanya seputar permasalahan kesehatan bayi silahkan kunjungi curhatbidan. Semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

  • content
This entry was posted in News. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *